Beberapa alasan Menggunakan Software BIM

Beberapa alasan Menggunakan Software BIM


Tutorial CAD Indonesia - Mungkin para praktisi sudah sering mendengar tentang software BIM. Namun diantara mereka masih banyak yang menggunakan software convensional (Non BIM) pada setiap proyek yang mereka kerjakan. Kali ini kami mencoba berbagi alasan kenapa kita harus pindah untuk menggunakan software BIM. 

BIM Software merupakan teknologi yang telah dikembangkan beberapa tahun lalu. Namun karena harga investasi yang harus tinggi dan SDM yang belum memadai serta tuntuntan lapangan hanya sebatas drafting sehingga teknologi tersebut kurang diminati. 

Poin waktu pembelajaran dan adaptasi terhadap implementasi pun juga menjadi pertimbangan. sehingga beberapa praktisi pun masih menggunakan konsep lama. 

Dan mungkin ini yang harus dikuatkan karena benefit yang ditawarkan juga bisa membuat kita lebih efisien dan efektif dalam kerja. 

1. Bisa Memprovide 2D dan 3D 

Pada Software BIM, Kita selaku user bisa mendapatkan gambar 2D, 3D dan potongan sekalipun pada sekali pekerjaan. Skema ini membuat kita bisa lebih efektif dan efisien dari segi waktu. 

2. Publish RAB 

Rincian penggunaan bahan juga bisa dapatkan pada software BIM sehingga kita tidak usah repot lagi untuk menghitung penggunaan bahan/ material yang kita gunakan nantinya. 

3. Kolaborasi antar software

Perbedaan antar software terkadang menjadi kendala untuk kita. Interaksi antar user internal dan eksternal juga menjadi poin pertimbangan kita untuk menggunakan software BIM. Namun poin ini sudah tidak lagi menjadi kendala. Karena sudah plafon dimana kita bisa tetap bertukar file walau rekanan kita menggunakan software yang berbeda. 

4. Kebijakan Pemerintah 

Jika anda di Indonesia, ini menjadi salah satu hal yang diwajibkan. Karena pada luasa tertentu anda diwajibkan menggunakan software BIM . 


Pada era sekarang teknologi bisa menjadi teman akrab kita untuk meningkatkan keefisiensian dan efektifan kerja kita. Dan mungkin selain keempat alasan di atas ada beberapa alasan lain kenapa kita harus menggunakan software BIM . 

Terus berkarya dengan meningkatkan kemampuan dan kualitas kita . 




Post a Comment

0 Comments