Tutorial CAD Indonesia - Metodologi Pelaksanaan adalah salah satu bentuk Penelitian atau kajian yang dilakukan untuk menggambarkan proses pelaksanaan dari pekerjaan proyek. Metode ini sengaja dibuat secara sistematis dari awal hingga akhir meliputi semua aspek dari tahapan pekerjaan , uraian cara kerja hingga orang yang mempetanggung jawabkan pekerjaan tersebut secara teknis.
Dalam menyusun metodologi pelaksanaan pekerjaan untuk proyek konstruksi sebaiknya sesuai dengan persyaratan dalam dokumen dimana Metode pelaksanaan pekerjaan yang dibuat karena harus memenuhi persyaratan substantif yang ditetapkan dalam dokumen pemilihan dan Dalam prosesnya dapat menggambarkan penguasaan dalam penyelesaian pekerjaan seperti disebutkan diatas.
Tahapan/urutan pekerjaan dari awal sampai akhir secara garis besar dan uraian/carakerja dari masing-masing jenis pekerjaan utama, kesesuaian antara metode kerja dengan peralatan utama yang di tawarkan/diperlukan dalam pelaksanaan pekerjaan, Serta kesesuaian antara metode kerja dengan spesifikasi / volume pekerjaan yang disyaratkan.
berikut adalah salah satu contoh susunan dan format metode pelaksanaan pekerjaan yang bisa kita gunakan dalam mengajukan penawaran teknis :
I.1. Latar Belakang | |
I.2. Maksud dan Tujuan |
|
I.3. Lingkup
Pekerjaan |
|
I.4. Produk (Out-Put) yang
dihasilkan |
|
I.5. Standar Perencanaan |
II.1.
Tahap Pengumpulan Data dan Analisa Data Sekunder |
|
II.2. Tahap Survey |
|
II.3. Tahap Penyusunan Rencana
Teknik |
|
BAB III ORGANISASI DAN JADWAL PELAKSANAAN
III.1. Struktur Organisasi |
|
III.2. Tenaga Ahli yang
Ditempatkan |
|
III.3. Deskripsi tugas Tenaga
Ahli |
|
III.4. Jadwal Pekerjaan |
|
III.5. Penyusunan laporan |
|
BAB IV TAHAPAN PELAKSANAAN
Tahapan Pelaksanaan pekerjaan / urutan pelaksanaan pekerjaan secara garis besar serta waktu pelaksanaan setiap tahapan pekerjaan.BAB V URAIAN / CARA KERJA MASING-MASING JENIS PEKERJAAN
IV. PENUTUP
0 Comments